Thursday, 31 January 2013

Penghafal Al-Qur'an Termuda di Dunia

Tabarak Labudi, Penghafal Al-Qur'an Termuda di Dunia




Tabarak Labudi, anak ini telah mampu menghafal 30 juz Al-Qur’an disaat umurnya masih empat setengah tahun. Tabarak menyelesaikan hafalannya dalam kurun waktu satu setengah tahun.
Ayah Tabarak, Dr. Kamil Labudi seorang pegawai farmasi. Ia memberi nama Tabarak karena ia pernah bermimpi tentang istrinya, Rasha Gayar yang dikunjungi oleh ayat 

تبارك اسم ربك ذو الجلال والإكرام

Sejak itu Kamil berniat untuk memberi nama anaknya Tabarak, baik laki-laki ataupun perempuan. Kamil mengatakan, “Anakku telah menghafal surah al-Fatihah dan Muawwizatain (an-Nas dan al-Falaq) ketika usianya belum genap dua tahun.

Ibu Tabarak  menyadari kemampuan Tabarak sebagai penghafal Al-Qur’an sejak ia masih berusiia dua setengah tahun. Saat itu Tabarak menghadiri acara sebuah acara dari rekan keluarga dan ketika itu, Tabarak menolak untuk bernyanyi bersama anak-anak lainnya. Hal yang membuat Rasha terkejut adalah Tabarak mampu mengulangi lirik lagu tersebut setelah enam bulan kejadian itu.

Di awal pernikahan, kedua orang tua Tabarak sepakat untuk mengikuti program yang dikhususkan untuk menghafal Al-Qur’an. Keduanya mampu menghafal tujuh juz: juz Tabarak dan juz Amma, surah al-Fatihah hingga surah an-Nisa. Saat itu ibunya berhenti menghafal karena hamil dan melahirkan Tabarak. Tetapi sang ayah tetap meneruskan menghafal Al-Qur’an secara lengkap. Meski begitu, Rasha pada akhirnya berhasil mengkhatamkan Al-Qur’an bersama dengan Tabarak, setelah ia menghafalkan Al-Qur’an.

 “Selain menghafal Al-Qur’an, Tabarak juga menghafal Qaidah an-Nuraniyyah, Qiraah Quran as-sab’ (kaidah qiraah yang tujuh), dua nazam (kaidah) tajwid: yang satu terdiri atas lebih dari 150 bait syait, sedangkan yang lain terdiri atas lebih dari 80 bait.” Ujar Kamil.

Kamil senantiasa menemani Tabarak dan teman-temannya selama ia menghafal Al-Qur’an. Ini terutama karena anak dalam fase usia dini memiliki kekuatan hafalan yang tinggi. Kamil dan Rasha menyediakan mereka susu dan kurma demi menghidupkan sunah Nabi. Hal ini dilakukan kepada putranya sejak awal ia menghafal.

Menurut Rasha, anaknya telah menghafal 80 persen Al-Quran ketika di rumah, sedangkan sisanya ia hafal ketika bergabung dengan halaqah tahfidz (kumpulan penghafal) yang pada awalnya menolak Tabarak karena usianya yang masih muda, namun kemudian menerima karena ia telah menghafal lebih dari separuh Al-Qur’an.

Pangeran Mishaal bn Majed, Gubernur Jeddah menganugerahi penghargaan kepada Tabarak Labudi setelah ia memenangi kompetisi penghafal Al-Qur’an termuda di dunia. Ini berlangsung pada acara yang ke-29 di Jam’iyah Khairiyah Litahfizil Qur’an, Jeddah.
 
(Sumber : https://www.facebook.com/notes/ensiklopedia-islam/ajaib-usia-45-tahun-sudah-hapal-al-quran/157661424498 )

2 comments:

Andi Illank said...

ini postingan tanggal brap n tahun brap min....
Di post sy yang baru sy post....
ada yg umurnya lebih muda
http://cinikironk.blogspot.com/2013/03/rukayya-penghafal-al-quran-termuda-di-dunia-2013.html

meitri setiyo said...

mantep dan sudah banyak memang kok untuk penghapal alquran muda seperti ini,, mudah2an kalo udah punya anak bisa diberi yg sperti ini, mw menghapal dan mengamalkan alquran,,
sip dah artikelnya mas,,

Post a Comment

Older Post ►
 

Copyright 2012 INFONISTI Seo EliteBLog BamZ | Blogger Templates